Menyapu cache SQUID di FreeBSD

squid proxy
squid proxy

beberapa hari ini,.. yah karena liburan mulai,.. jadi kerjaannya tiap hari ngenet mulu😀 hihiihih,.. ga punya duit kali ya buat jalan😀

berawal dari keluhan temen gw kok koneksinya jadi kek lambat,.. kadang nge-load halaman web nya ga sempurna,.. waduuh gw sendiri juga bingung tuh masalah apa yang nyebabin,..iseng-iseng berbagai jalan ditempuh,. mulai dari restart SQUID kek,. restart proxy server,.. bersihin cookies,.. haha,… sampe kepikran klo cache squid kalo dibersihin gimana yah hasilnya😀 kkkkk

Akhirnya dicoba juga,.. daripada ga ada kerjaan ini,.. langkah2 nya cukup simple kok,.. yang jelas

1. matiin dulu service squid -nya,
kalo ane make perintah
/usr/local/etc/rc.d/squid stop

2. hapus direktori cache
nah kemudian kita siap untuk menyapu :D… intinya adalah menghapus isi dari direktori cache nya,.. nah sebenarnya dimana sih direktori cache itu,.. kita dapat melihat di file squid.conf nya. kebetulan di mesin saya berada di /usr/local/etc/squid/
perintahnya
pico /usr/local/etc/squid/squid.conf
letaknya di bagian ini
cache_dir diskd /usr/local/squid/cache/01 1960 2 256
cache_dir diskd /usr/local/squid/cache/02 1960 2 256

jadi direktori cache nya di /usr/local/squid/cache01 dan di /usr/local/squid/cache02, hapus ajah kedua direktori itu,.. ane menggunakan perintah
rm -rf /usr/local/squid/*
nah klo sudah,. biasanya sih agak memakan waktu pas penghapusan ini😀 sabar kk *krikkrikkkrik…*

3. bikin direktori cache lagi
nah klo udah,.. kita bangun lagi deh direktori buat cache nya itu,.. make perintah
squid -z

4. langkah terakhir,adalah start kembali servis squid kita tadi
/usr/local/etc/rc.d/squid start
dan,.. hihihihi lumayan terasa bedanya😀 hehehe,.. yah walopun pas awal2 emang agak ngadat sih😀 cuman sante ajah awalnya doang kok😀

free BSD
free BSD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s