Set the $PATH di Redhat Enterprise Linux RHEL5

fyuuh, setalah berulang-ulang gw nginstal redhat, akhirnya berhasil juga berkat bantuan bos fikang ,… thank ya bos

horrai, asik langsung deh utak-utik dalemannnya, pertama kali gw pengin nge-mount hardisk gw berniat mencari file dan mencari lagu-lagu, gw ketikin

fdisk -l

lhah kok malah yang keluar

bash: command not found

trus gw coba perintah-perintah yang lain kayak ifconfig, cfdisk kok masih keluarnya tetep sama, setelah ngalor ngidul nanya, eh ada temen yang ngasih tau kalo pengen nge jalanin command itu gw harus ngetikin /sbin dulu sehingga

fdisk menjadi /sbin/fdisk hehehe😀

ribet amat ya,…. tidak lama kemudian gw tanyakan lagi ke teman yang lain, ternyata katanya di expor $PATH nya dulu, cuman langkahnya dia lupa kagak ngerti,

wadhoh,.. bagi gw malah makin tambah ribet aja, apa itu $PATH, apa itu export, akhirnya gw putusin googling dulu aja, ga enak juga klo nanya2 teros tanpa usaha😀

tararaar,… ternyata ada juga, bahkan banyak yang nge jelasin permasalahan gw, hahahahah……. ternyata itu dah bukan masalah lagi, cupu banget gw…

nah salah satunya di

http://www.mediacollege.com/linux/red-hat/path-variable.html <—– membantu banget😀

dapat dibuka sendiri, dan pastinya jadi kagak bingung lagi kenapa jadi begini😀

selamat mencoba😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s